Kerja Nyata Jokowi: Indonesia Kini Bisa Ekspor Domba ke Malaysia - Plangkan

Breaking

Minggu, 05 Agustus 2018

Kerja Nyata Jokowi: Indonesia Kini Bisa Ekspor Domba ke Malaysia

Dalam setiap kesempatan, Presiden Joko Widodo selalu berpesan kepada para menteri agar meningkatkan produktivitas dan mendorong peningkatan ekspor. Harapan Presiden Jokowi itu dijawab dengan baik oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Salah satu buktinya, Indonesia kini mengekspor domba ke Malaysia.

Ekspor perdana ternak domba potong ke negara Malaysia itu telah dilakukan pada hari Kamis, 28 Juni 2018 di Instalasi Karantina Hewan Tendes, Surabaya dilepas langsung oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Mentan menyampaikan, saat ini Pemerintah terus berupaya meningkatkan ekspor berbagai komoditas strategis pertanian, termasuk komoditas peternakan. “Kita telah ekspor daging sapi premium, pakan ternak, telur tetas, DOC dan daging ayam olahan, dan hari ini kita ekspor perdana domba sebanyak 2.100 ekor dengan estimasi nilai sebesar Rp. 3,78 Milyar” ujarnya.

“Ternak domba yang diekspor kali ini adalah domba jantan yang diperuntukkan sebagai ternak potong,” ucap Amran. "Ekspor ini kita harapkan terus berlanjut secara kontinyu sesuai perjanjian kerjasama antara PT. Inkopmar Cahaya Buana dengan pihak importir di negara Malaysia, yang diproyeksikan kebutuhan di Malaysia sebanyak 5.000 ekor per bulan dapat dipasok dari Indonesia, sehingga diharapkan kebutuhan 60.000 ekor domba per tahun untuk negara Malaysia dapat terpenuhi," tegas Mentan.